Kapal Pesiar Sandar dijadwalkan sandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Selasa (3/11). Kapal yang bertolak dari Singapura ini membawa sekitar 800 wisatawan asal Eropa dan Asia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar Rusmayani mengatakan, kedatangan
wisatawan ini akan disambut tari-tarian dari empat suku di Sulawesi Selatan yakni Bugis, Makassar, Tana Toraja dan Mandar. "Tari-tarian ini akan digelar di Benteng Rotterdam," kata Rusmayani di Makassar, Senin (2/11).

Pemerintah bekerja sama dengan seniman dan masyarakat menyambut mereka. Antara lain dengan menyediakan aksesoris khas Makassar, berupa gelang, cincin, dan gantungan kunci yang berasal dari hewan laut.

Meskipun kapal hanya sandar sehari, pemerintah berharap wisatawan mengunjungi potensi
wisata di luar Makassar, seperti Balla Lompoa di Kabupaten Gowa dan pemandian Bantimurung di Kabupaten Maros.

Untuk kebersihan dan keamanan, Rusmayani mengaku sudah mengantisipasinya. Langkah yang ditempuh yakni berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan dinas terkait untuk mengatasi kebersihan.

Pada 21 Oktober, Kapal Pesiar Costa Allegra juga sandar di pelabuhan Soekarno Hatta. Kapal tersebut membawa sekitar 750 wisatawan mancanegara.

Sesuai jadwal dari Dinas Pariwisata, terdapat 33 kunjungan kapal pesiar hingga 2010, dengan jumlah wisatawan yang diangkut sebanyak 152 Ribu orang. Untuk akhir 2009, kunjungan kapal pesiar ke Makassar sebanyak empat kali, yakni 17 November, 2 Desember, 16 Desember, dan 30 Desember.

Ketua Kongress & Convention Association Sulawesi Selatan, Nico B Pasakamengatakan, padatnya kunjungan kapal pesiar ke Makassar harus dibarengi dengan perbaikan potensi wisata. Misalnya di Benteng Rotterdam, ia berharap kebersiahan dan fasilitas umum ditingkatkan. "Kami tak ingin ada keluhan dari wisatawan," terangnya.

TRIE SUHARMAN

sumber : http://tempointeraktif.com/hg/nusa/2009/11/02/brk,20091102-205841,id.html

foto : http://italianfoodnet.files.wordpress.com/2008/08/costa-allegra.jpg

Comments (0)