Konser musik ST 12 dan Hijau Daun di anjungan Pantai Losari Makassar diwarnai insiden saling dorong penonton. Akibatnya, puluhan penggemar dua band itu pingsan karena terjatuh setelah mereka berdesak-desakan. Bantuan medis segera datang setelah aparat kepolisian mengevakuasi penonton yang pingsan.

Hiburan untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kota Makassar ke-402 ini menyedot ribuan kaum muda dari berbagai daerah sekitar Makassar. Mereka menyemut di arena anjungan pantai hingga meluber ke jalan. Aksi saling dorong disusul lemparan botol minuman kemasan ke arah panggung, membuat suasana riuh.

Pagar pembatas di depan panggung goyah. Polisi berusaha menahan pagar itu, namun penonton terus merangsek. Di dekat panggung inilah penonton berdesakan sampai jatuh pingsan. "Penonton di belakang mendorong hingga kami terjatuh," kata Ana, siswa SMK 2 Tamalate, setelah siuman.

Jumlah pengunjung yang membludak, memaksa Ana dan teman-temannya terdesak ke dekat panggung. "Sayu senang bisa menonton langsung," kata gadis yang mengaku baru kali ini menyaksikan konser. Walau terjatuh dan sempat pingsan ia tetap girang.

Petugas medis dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar, Fitri, mengatakan sebanyak 23 orang diperbantukan untuk menangani penonton konser yang pingsan. Mereka membangun pos tak jauh dari panggung, yang dilengkapi peralatan kesehatan hingga tandu pasien. "Tidak ada yang fatal, mereka hanya pingsan saja," kata Fitri, yang baru pulang setelah konser berakhir pukul 00.14 waktu Makassar itu.

TRI SUHARMAN
sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/panggung/2009/11/08/brk,20091108-207019,id.html


Comments (0)