Pertemuan tertutup antara Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta dengan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin di Rumah Makan Istana Laut akhirnya selesai sore ini. Usai pertemuan, Anis mengaku siap menerima Ilham bila ingin bergabung kedalam partainya. "PKS welcome untuk Pak Ilham," kata Anis.

Menurut Anis, partainya terbuka untuk siapapun yang ingin bergabung, meskipun itu politisi dari partai lain. "Tidak ada masalah kok," lanjutnya.

Namun demikian, Anis menampik pertemuan tertutup yang dibarengi makan siang tersebut membahas soal politik. Ia mengaku menemui Ilham selaku Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI untuk membahas infrastruktur Makassar yang dibiayai pemerintah pusat. "Belum ada pembicaraan ke arah situ, Pak Ilham masih fokus sebagai wali kota," ucapnya kembali tersenyum kecil. Meski begitu ia mengakui PKS berharap Ilham bergabung di masa yang akan datang. "Kami tetap mempersilahkan."

Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin saat ditanyai langsung tertawa renyah. Kepada Tempo, ia meminta agar pertemuannya dengan Anis tidak dikaitkan dengan isu politik. "Tidak ada politik-politik disini hehehe..," katanya.

Pertemuan dengan Anis, kata dia, selaku wali kota yang memperjuangkan infrastruktur di Makassar. Tapi ia sempat memuji PKS Makassar yang dinilai memiliki jaringan yang cukup kuat mempengaruhi kebijakan pemerintah pusat. "Apalagi beliau (Anis Matta) memiliki daerah pemilihan di sini, kami berharap diperhatikan," katanya sambil terus mengelak ditanyai soal politik.

Untuk membuktikan bahwa tidak ada pembicaran politik, Ilham sempat memperlihatkan proposal permohonan biaya infrastruktur kepada Anis yang juga terpilih sebagai Badan Anggaran Dewan. Proposal tesebut berisi usulan dana untuk revitalisasi Pantai Losari sekitar Rp 60 miliar, pembuatan jalur lingkar Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Syeh Yusuf Rp 250 juta, dan 30 persen dana pembebasan lahan untuk pelebaran Jalan Perintis Kemerdekaan.

Ia juga meminta Anis menyumbang secara pribadi pembangunan masjid terapung di Pantai Losari sebesar Rp 3 miliar. Sumbangan Anis akan membiayai pengadaan tiang pancang pada Masjid yang ditargetkan menjadi pusat wisata Islam di Sulawesi Selatan tersebut. "Kami berharap semua bisa diakomodir," kata Ilham.

Anis Matta berjanji akan memperjuangkan usulan biaya dalam pembahasan Badan Anggaran Dewan. Khusus untuk pembuatan jalur lingkar, ia berharap agar Pemerintah Makassar mengusulkan dalam Anggaran Pendapan Belanja Negara Perubahan 2010. "Kami akan berupaya memenuhi usulan ini, jadi saya harap bersabar yah," katanya.

Pertemuan Anis Matta dengan Ilham berlangsung tertutup di ruang khusus Rumah Makan Istana Laut. Dalam pertemuan tersebut Ilham didampingi Sekretaris Golkar Makassar, Farouk M Betta dan kader Golkar Makassar Rahman Pina. Hadir pula beberapa pejabat teras Pemerintah Kota Makassar seperti Sekretaris Kota Anis Kama, Asisten Bidang Ekonomi Burhanuddin, Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Syaiful Saleh, Kepala Dinas Sosial Ibrahim Saleh, Kepala Dinas Perhubungan Chairul Andi Tau dan Konsultan Tata Ruang Makassar Danny Pomanto.

Sementara Anis didampingi beberapa kader PKS seperti Sri Rahmi, Asriady Samad, Jafar Sodding, dan Muzakkir Ali. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut wartawan dilarang meliput.

Sebelumnya, berhembus kabar Ilham akan hengkang dari Partai Golkar. Kabar itu mencuat setelah ia kalah bersaing dengan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo berebut kursi Ketua Golkar Sulawesi Selatan dalam musyawarah daerah pertengahan November lalu.

TRI SUHARMAN

Bisa dibaca di http://tempointeraktif.com/hg/nusa/2009/12/19/brk,20091219-214613,id.html

Foto : http://pemilu.okezone.com

Comments (0)