Panitia olahraga rally yang yang akan menggelar ajang rally bertafar internasional di Gowa dan Takalar, 25 hingga 26 September 2010 mendatang, meminta Pemerintah Kota Makassar memperhatikan kondisi infastrukturnya. Panitia tak ingin tempat yang disiapkan untuk menyambut olahraga bergengsi itu terlihat jorok seperti tahun sebelumnya.

"Jangan sampai merusak image," kata Ketua Panitia Lomba Rally, Jeffrey usai bertemu Sekretaris Daerah Makassar Anis Kama di Balai Kota, Senin (14/12).

Menurut Jeffry, pada ajang olahraga rally internasional putaran ke lima di Takalar 2008 lalu, panitia menyayangkan kondisi gedung Celebes Convention Center Jalan Metro Tanjung Bunga yang tidak terawat baik. Gedung Cebes yang menjadi tempat pembukaan ajang relly tidak bersih, sampah berserakan dimana-mana, sehingga mengganggu jalannya acara. "Soalnya kamera wartawan luar negeri menyorot itu," keluhnya. Iapun berharap kedepannya kondisi tersebut tidak lagi ditemui.

Namun ia memuji laju infrastruktur di Makassar seperti keberadaan jalan tol, bandara Sultan Hasanuddin, area wisata pantai Losari, wahana permainan Trans Studio, serta pertumbuhan ekonomi yang menembus angka 10 persen pada tahun 2009. "Sudah sangat cocok untuk kegiatan bertaraf internasional," ucapnya.

Meski begitu, saat bertemu dengan Sekretaris Daerah Makassar Anis Kama, Jeffrey berharap agar pemerintah menyediakan infrastruktur tambahan berupa hotel berbintang yang mampu menyediakan 5.000 kamar dan akses jalan yang lebih luas dari Metro Tanjung Bunga ke Takalar. Itu perlu, kata dia, untuk pelayanan bagi pengunjung dunia yang ingin menyaksikan rally serta memudahkan akses transportasi ke lintasan perlombaan di Takalar. "Kami juga berharap pemerintah mempermudah administrasi kegiatan ini," katanya.

Anis Kama menimpali pemerintah sangat bersyukur kotanya ditunjuk sebagai tempat peresmian olahraga relly. Menurutnya, relly bakal menghadirkan puluhan pembalap asal Australia, India, Meksiko, Jepang dan Malaysia itu akan mendongkrak keuntungan dibidang pariwisata. Olehnya itu ia berjaji akan mengawal kegiatan ini dengan menyediakan fasilitas yang baik. "Akan dibicarakan lebih teknis dengan Wali Kota setelah pulang dari Kopenhagen," kata Anis.

Jeffrey bertandang ke Balai Kota bersama tim survei lapangan dari kegiatan Wordl Relly Champion Ship, Fred. Dalam kesempatan tersebut, Jeffrey menyampaikan bahwa Federation Internationale de I'Automobile (FIA) yang menjadi penyenggara rally kelas dunia kembali menunjuk lokasi olahraga rally putaran ke enam di Gowa dan Takalar 2010 mendatang.

Olahraga ini akan dibuka secara resmi di pelataran Trans Studio dengan menyediakan program bersifat kepariwisataan sepertai modifikasi mobil rally, pesta rally, dan pagelaran musik. Panitia juga akan membuat pawai Rally dari Tanjung Bunga ke Pantai Losari.

Sejak 2005 hingga 2008 lalu, olahraga rally bertaraf Internasional telah memilih areal lintasan di Gowa dan Takalar. Lintasan rally yang berada di lokasi PT Perkebunan Nusantara Gowa dan Takalar tersebut sepanjang 350 kilometer.

TRI SUHARMAN

Comments (1)

On 15 April 2011 14.34 , vimaworm mengatakan...

I hope you will keep updating your content constantly as you have one dedicated reader here.

cheap nolvadex