Jika Sekprov Dimutasi ke Depdagri

MAKASSAR, BKM -- Isu tentang keinginan Departemen Dalam Negeri (Depdagri) menarik Sekretaris Provinsi Sulsel, A Muallim ke Jakarta terus berkembang. Bahkan sudah ada beberapa pejabat di Pemprov Sulsel yang disebut-sebut memiliki kans menggantikan Muallim jika jadi ditarik ke pusat.

Pejabat tersebut adalah Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Sulham Hasan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel, Tan Malaka Guntur, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, HA Patabai Pabokori dan Asisten III, Sidik Salam.

Kans keempat pejabat untuk menduduki kursi Muallim karena memenuhi syarat berdasarkan senioritas dan kepangkatan. Sesuai aturan, pangkat keempat pejabat eselon dua yang sudah IVd ini dinilai memenuhi syarat berkompetisi meraih kepemimpinan tertinggi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebut.
Kepala BKD Sulsel, A Murni Amien Situru yang dikonfirmasi kemarin, membenarkan pangkat keempat pejabat eselon dua tersebut adalah IVd. Ia mengakui bahwa dari segi kepangkatan, kempat pejabat ini memang memenuhi syarat untuk berkompetisi pada pemilihan Sekprov.
"Tapi kan bukan cuma kepangkatan yang menjadi syarat utama. Ada pertimbangan kompetensi dan lainnya," katanya di Kantor Gubernur Sulsel, kemarin.
Ia menilai, sejauh ini belum ada alasan tepat mengganti Sekprov Sulsel, A Muallim. Menurut Murni, dari segi kompetensi belum ada pejabat yang bisa menyaingi Muallim. Dari segi usia, Muallim baru mencapai 55 Tahun, masih ada sekitar 7 tahun lagi menjadi Sekprov.
"Kalau mau ditarik ke Depdagri saya tidak tahu itu. Yang pasti beliau akan menjadi Sekprov sampai masa periode gubernur berakhir," katanya.
Murni juga menyebutkan masih ada tiga pejabat lainnya yang memiliki pangkat IVd, yakni Kadisnaker, Saggaf Saleh, mantan Kadispenda, A Yaksan Hamzah dan dia sendiri sebagai Kepala BKD.
Namun, tambahnya, dari segi kepangkatan keempat pejabat yang disebut sebelumnya lebih senior dari pada tiga pejabat lainnya. "Seperti Pak Saggaf Saleh, baru satu tahun berpangkat IVd, sementara empat pejabat sebelumnya sudah tiga tahunan," tandasnya.
Sulham Hasan yang dikonfirmasi juga mengakui bahwa ia sudah memiliki pangkat IVd. Saat ditanya bahwa pangkat tersebut memenuhi syarat untuk menduduki kursi Sekprov, ia hanya tersenyum kecil dan langsung mengalihkan perhatian.
"He..he..he... Eh bagaimana itu caranya mengikuti polling Pilkada Daerah di BKM?," kata Sulham berupaya mengalihkan perhatian.
Sebelumnya, beredar informasi Muallim akan ditarik ke Depdagri menjadi salah satu Direktur Jenderal di Depdagri. Ia dibidik karena kompetensi, senioritas, dan kepangkatannya sudah cukup memadai.
Sekprov Sulsel, A Muallim yang dikonfirmasi sebelumnya soal rencana penarikannya ke Depdagri hanya tersenyum kecil. Meski berupaya mengelak, ia mengaku tetap siap menunggu informasi dari pemerintah pusat.

Comments (0)